SOROTAN

6/recent/ticker-posts

Upaya Tumbuhkan Rasa Cinta Bahasa Lokal Melalui Festival Literasi Using

Dalam rangka mendorong keterampilan dan kecintaan siswa di Banyuwangi terhadap Bahasa Using, Banyuwangi kembali hadirkan Festival Literasi Using di Aula SD Model Banyuwangi.

 

peserta Festival Literasi Using 2023

Festival Literasi Using tidak sekedar melestarikan bahasa, namun upaya menstimulasi anak terkait literasi Using dengan cara yang menyenangkan.

 

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banyuwangi, Suratno menuturkan bahwa kegiatan Festival Literasi Using merupakan upaya pelestarian warisan budaya sedari kecil.

 

"Kita harus menjaga kultur Using dengan cara yang menyenangkan. Karena Using juga masuk dalam bahasa ibu di beberapa kecamatan. Kita harus menjaga dan melestarikannya." kata Suratno.

 

Festival Literasi Using diikuti oleh ratusan siswa tingkat Sekolah Dasar (SD) se Banyuwangi. Mereka tidak hanya dikenal dengan beragam karya tulis berbahasa Using. Namun, juga diajak mengikuti ajang lomba memengan sandiwara, lomba mendongeng/ bercerita, dan lomba pidato bahasa using.

 

Selain itu, terdapat booth pameran berisi keterampilan-keterampilan hasil karya siswa-siswa SD/ Sederajat.

 

Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian dari Festival Sepekan Literasi yang diselenggarakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Banyuwangi.