SOROTAN

6/recent/ticker-posts

Menggali Potensi Seniman Lukis di Daerah, Banyuwangi Hadirkan Village Mural Festival

Mural merupakan salah satu karya seni yang saat ini masih digemari oleh berbagai kalangan khususnya para milenial. Seni visual jalanan atau biasa disebut mural di Banyuwangi diberikan ruang melalui Village Mural Festival. (03/08).

Bupati Ipuk dalam Village Mural Festival Banyuwangi
foto: dok. isunbanyuwangi


Village Mural Festival saat ini diselenggarakan secara serentak disemua kecamatan di Banyuwangi mulai hari ini 03 - 30 Agustus 2022 mendatang.

Plt. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD)  Banyuwangi, Ahmad Faisol melaporkan kegiatan Village Mural Festival yang merupakan agenda dari Banyuwangi Festival 2022 dimaksudkan untuk membangun destinasi wisata baru dan diharapkan kedepan menjadi lebih indah.

"Dengan adanya kegiatan Village Mural Festival, nantinya daerah-daerah yang menjadi lokasi mural ini dapat menjadi destinasi wisata baru yang indah. Dengan demikian, perputaran ekonomi masyarakat dapat meningkat dengan tumbuhnya pelaku industri kreatif di desa-desa." ungkap Ahmad Faisol.

Diikuti 25 kecamatan di Banyuwangi melalui virtual converence, Bupati Ipuk Fiestiandani menyapa para Camat yang berpusat acara di Mandar Fish Market Banyuwangi.


Bupati Ipuk Fiestiandani menyapa para Camat di Banyuwangi
foto: dok. isunbanyuwangi


"Selamat sore seluruh Camat di Banyuwangi, bagaimana situasi saat ini? mudah-mudahan dengan adanya Village Mural Festival ini seluruh daerah bisa menjaga kebersihannya. Kegiatan mural ini kita fasilitasi bayi yang memiliki kemampuan dalam berkesenian lukis." kata Bupati Ipuk.

Di daerah lain, khususnya di kota-kota besar, sering terjadi vandalisme di tembok-tembok bangunan. Banyuwangi memberikan ruang wadah bagi seniman yang memiliki bakat menggambar di tembok.

Serah terima cat dari Bupati Ipuk kepada Camat Banyuwangi
foto: dok. isunbanyuwangi


Bupati Ipuk berharap dalam kegiatan ini dapat melibatkan masyarakat secara luas. Gotong-royong harus melekat.

"Dengan gotong-royong, rasa saling memiliki terhadap kegiatan tersebut selalu tumbuh sehingga turut menjaganya." imbuh Bupati Ipuk.

Camat Banyuwangi menandatangani komitmen kebersihan
foto: dok. isunbanyuwangi


Diakhir kegiatan, masyarakat Kampung Mandar bersama Lurah dan Camat menandatangani komitmen untuk menjaga kebersihan di daerahnya dan disaksikan langsung oleh Bupati Ipuk.

Tema Village Mural Festival tahun ini adalah Ijen Geopark dan Banyuwangi Rebound. Para peserta mural merupakan masyarakat sekitar dengan mengangkat potensi daerah masing-masing.