SOROTAN

6/recent/ticker-posts

Peringati HUT ke-59, Pertamina Ajak Seluruh Elemen Masyarakat untuk Bersih Pantai Watudodol


BANYUWANGI, 10 DESEMBER 2016 - PT. Pertamina (persero), menyelenggarakan program pemberdayaan dan pembersihan Pantai Kampung Nelayan di lima lokasi secara serentak, yang merupakan bagian dari peringatan HUT Pertamina ke-59.

Di Banyuwangi, Wakil Direktur Utama Pertamina Ahmad Bambang, Asisten Deputi Pengembangan Destinasi WIsata Alama dan Buatan Kementrian Pariwisata Azwir Malaon, dan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas berbaur dengan 500 orang relawan yang terdiri dari pekerja Pertamina, SKPD, warga, Pelajar, dan kelompok nelayan melakukan kegiatan bersih- bersih pantai di Pantai Grand Watudodol,

Wakil Direktur Utama Pertamina Ahmad Bambang mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk menggugah kesadaran masyarakat untuk lebih peduli akan kelestarian lingkungan pesisir pantai, khususnya dengan menjaga kebersihannya. Selain itu melalui beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan, termasuk di Banyuwangi, dapat menjadi bukti komitmen Pertamina pada peningkatan kesejahteraan Masyarakat nelayan di sekitar pesisr melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) maupun program Kemitraan Bina Lingkungan (PKBL) dengan momentum HUT Perusahaan.

"Sebagai Perusahaan yang bergerak di sektor energi dengan sebagian wilayah operasinya bersentuhan dengan pantai, Pertamina merasa ikut bertanggung jawab terhadap upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat nelayan yang berada di sekitar wilayah operasi perusahaan. Untuk itu, tidak hanya bersih bersih pantai tetapi kami juga melakukan beberapa program CSR dan PKBL di banyuwangi," kata Ahmad Bambang.

Asisten Deputi Pengembangan Destinasi Wisata Alam dan Buatan Kementerian Pariwisata Azwir Malaon mengapresiasi langkah pertamina melalui program Pemberdayaan dan Pembersihan Pantai Kampung Nelayan di Banyuwangi ini." Apresiasi untuk Pertamina yang merayakan ulang tahun dengan kegiatan bermanfaat seperti ini," ujarnya.

Selain pembersihan pantai, program yang dilaksanakan di banyuwangi antara lain pemberian bantuan CSR Pertamina berupa layanan kesehatan dan pengobatan gratis untuk 500 orang, santunan kepada 59 anak yatim, pemberian bantuan peralatan kebersihan kepada warga, bantuan pengecatan plengsengan sungai ( Banyuwangi Berwarna). Selain itu, Pertamina didukung peserta Aksi bersih bersih pantai juga melakukan aksi lepas tukik dan konservasi penyu.

Sementara Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas saat melakukan aksi lepas tukik mengatakan program Pemberdayaan dan pembersihan pantai kampung nelayan dengan disertai aksi lepas tukik dan konservasi penyu merupakan program penting yang dapat mendukung ekowisata di Banyuwangi. " Kami mengharapkan aksi ini dapat memberikan kontibusi positif untuk mendukung pengembangan ekowisata dan upaya pelestarian penyu wilayah pesisir Banyuwangi" ungkap Abdullah Azwar Anas.

Sedangkan menurut warga Nelayan Eksan saat Bersih bersih mengatakan " Acara seperti ini jangan hanyasekali dalam setahun, kalau bisa dijadikan kebiasaan, seminggu sekali, walaupun tidak seremonial. Agar tidak hanya lips service saja. Acara ini penting kenapa, karena untuk menangkap ikan lebih mudah bila pantainya bersih. saya juga menghimbau untuk nelayan dijaga juga sampah sampah yang ada dilaut, kalau bisa diambili sampah yang ada di Laut." pungkas Eksan.

Banyuwangi adalah salah satu dari lima lokasi pelaksanaan program secara serentak, yaitu Pantai Kampung Bugis, Tanjung Uban, Kepulauan Riau, Pantai Mutiara Hijau, Karangsong, Balongan, Jawa Barat, Pantai Teluk Penyu, dan Pantai Kampung Atas Air, Balikpapan, Kalimantan Timur.