SOROTAN

6/recent/ticker-posts

Kenalkan Kuliner Khas Tradisional, Banyuwangi Hadirkan Ajang Mangan Geden 2022

Banyuwangi tiada hentinya kegiatan  yang lahir dari tangan pemuda kreatif. Salah satunya saat ini, event Mangan Geden yang dipelopori oleh Fauzi Mediatama ini diikuti 30 peserta dan berlansung meriah.

Peserta Mangan Geden 2022
foto: dok. isunbanyuwangi


Bertempat di Banyuwangi Creative Space (BCS) yang terletak di sisi selatan GESIBU Blambangan, membuat para pengunjung yang hadir pun saling support kepada jagoannya yang sedang bertanding di acara tersebut.(20/08).

Para peserta tertarik mengikuti kegiatan ini pasalnya tergiur hadiah Iphone XI seharga 8 jutaan tersebut.

Para peserta wajib menghabiskan 5 menu makanan tradisional khas Banyuwangi seperti Sego Tempong, Ayam Kesrut, Pecel Pitik, Rujak Soto, Sego Cawuk, dengan durasi paling cepat yang dipilih menjadi juaranya.

Pelopor kegiatan Mangan Geden 2022, Lutfi Nur Fauzi mengungkapkan tujuan kegiatan Mangan Geden ini untuk mewadahi pemuda-pemuda kreatif dalam berkarya salah satunya dengan kegiatan ini mampu mengenalkan masakan khas tradisional Banyuwangi.

"Saya berharap kedepan acara ini bisa dilanjutkan di tingkat Kecamatan yang Finalnya nanti, si pemenang dari tingkat Kecamatan diadu ditingkat Kabupaten dengan hadiah yang lebih menarik lagi tentunya." ungkap Lutfi.

Lutfi bersama Fahreza Adams
foto: dok. isunbanyuwangi


Tercatat dalam waktu kurang dari 2 menit, peserta Mangan Geden, Fahreza Adams (26) warga kelurahan Singonegaran, Banyuwangi, berhasil menghabiskan 5 porsi makanan tradisional khas Banyuwangi tersebut.

"Sebenernya tidak ada trik khusus sih, cuman saya membuat bagaimana caranya makanan cepat masuk dengan cara makan sambil didorong air putih." ungkap Fahreza.

Fahreza mengaku tidak percaya akan menjadi pemenangnya. Dia begitu yakin trik yang dia lakukan tersebut menjadikan dia pemenang Iphone tersebut.

Kegiatan ini melibatkan beberapa sponsor seperti  PT Bintang Pusaka Jaya bergerak dibidang penggilingan padi dan pendistribusian beras di Banyuwangi, Kedayweb.Com bergerak dibidang multimedia dan juga kolaborasi dengan Pemerintah Daerah khususnya Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kab. Banyuwangi.

Foodtruck Doa Ibu ramai pengunjung
foto: dok. isunbanyuwangi


"Di event ini juga kami buka selebar-lebarnya untuk teman-teman pelaku industri kreatif seperti produk fesyen Ruang Sandang, foodtruck Doa Ibu, foodcar Wilujeng dan beberapa produk kreatif lainnya." imbuh Lutfi.

Lutfi menambahkan, melalui acara Mangan Geden 2022 ini juga memperkenalkan musisi lokal seperti Pasak Tenda, Teras Rumah, Llumaku, Ikrom Maulana untuk bisa berkerasi di Banyuwangi Kota.

Pelaku produk kreatif food truck Doa Ibu, Rifan Yuli Ariyanto mengungkapkan rasa bangga karena bisa dilibatkan dalam kegiatan seperti ini 

"Tentunya kami selaku industri kreatif dibidang kuliner, sangat terbantu dengan kegiatan menarik seperti ini, Semoga kedepan kami bisa dilibatkan di kegiatan-kegiatan lainnya." pungkas Rifan.