SOROTAN

6/recent/ticker-posts

Pasar Takjil Ramadhan Kembali di Gelar, Antusias Pelapak Semakin Meningkat

 

Dalam rangka pemulihan perekonomian warga, Banyuwangi hadirkan Street Food Festival Pasar Takjil Ramadhan 1443 H diselenggarakan selama bulan Ramadhan 2022 diseluruh kecamatan di Kabupaten Banyuwangi. (03/04).

Kegiatan Pasar Takjil Ramadhan tahun ini sedikit berbeda dengan tahun lalu. Antusias pasar ramadhan tahun ini lumayan meningkat, sekitar 90an pelapak terdaftar di jalan Brigjen Katamso dan 200an pelapak di jalan Letjen Sutoyo.

Berpusat di Jalan Brigjen Katamso, Banyuwangi, Pasar Takjil Ramadhan dibuka secara resmi oleh Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani.

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani dalam sambutannya menyampaikan rasa syukur dan bangga karena melihat para pelapak sudah mulai bangkit, kualitas makanannya semakin higienis, dagangannya mulai laris.

"Saya mengajak bapak/ ibu ayo kita sajikan kuliner hari ini dengan kuliner sehat. Dengan menjaga kebersihan tentu para pembeli tidaklah ragu untuk membeli dagangan bapak/ ibu. Saya berkeliling melihat jajanan tadi harganya cukup murah dan kualitas rasanya sangat bersaing. Tentu ini salah satu kebangkitan ekonomi di sektor kuliner di Banyuwangi." kata Bupati Ipuk.

Camat Banyuwangi Kota Danisworo menyampaikan, setiap Kelurahan di Kecamatan Banyuwangi diminta untuk ada Pasar Ramadhan, hal ini tentu untuk meningkatkan perekonomian masyarakat yang kita harapkan bersama sebagaimana yang telah dicanangkan dalam program Banyuwangi Rebound. 

"Dalam rangkaian Pasar Takjil Ramadhan ini juga terdapat agenda kegiatan seperti festival musik yang akan diselenggarakan pada hari ke 4 bulan ramadhan, dan juga ada tampilan patrol, terbangan dan juga berbagai macam kumpulan musik. Kegiatan ini diselenggarakan secara online di Youtube Kecamatan Banyuwangi dan penilaiannya pun salah satunya menggunakan vote dari Youtube Kecamatan Banyuwangi." imbuh Danisworo.

Pasar Takjil Ramadhan ini juga sekaligus bersosialisasi kepada masyarakat tentang pembayaran non tunai menggunakan Qris. Dimana era kemajuan tehnologi saat ini sudah bisa diterapkan diberbagai tempat seperti pasar takjil Ramadhan.

Pasar takjil ini diharapkan memberikan dampak positif bagi pelaku UMKM di Banyuwangi. Bupati Ipuk juga menambahkan bahwa tidak melarang para pelapak berjualan di area jalan yang sudah ditentukan dengan melaksanakan protokol kesehatan dan mematuhi alur lalu lintas yang telah ditentukan.

Dalam kesempatan ini, Bupati Ipuk juga berbagi paket sembako dan juga hidangan berbuka puasa kepada pekerja jalanan yang melintas di area Jalan Bigjen Katamso.