SOROTAN

6/recent/ticker-posts

Banyuwangi Raih 4 Penghargaan Sekaligus di Ajang Trisakti Tourism Award 2021


Kabupaten Banyuwangi berhasil memenangkan 4 penghargaan sekaligus di ajang ”Trisakti Tourism Award 2021”.

Trisakti Tourism Award 2021adalah perlombaan Desa wisata terbaik didaerah yang digelar oleh DPP PDI Perjuangan dan diikuti sebanyak 242 Desa Wisata. (26/08).

Ajang ini diselenggarakan untuk memberikan apresiasi terhadap desa-desa wisata terbaik di indonesia sebagi wujud kepedulian dalam memajukan dunia pariwisata yang saat ini terdampak pandemi COVID-19. Dan diharapkan bisa memotivasi pemerintah daerah untuk memberikan perhatian pada pengembangan pariwisata, khususnya desa-desa wisata.

Trisakti Tourism Award melombakan 4 kategori yaitu, desa wisata alam, desa wisata budaya, desa wisata kreatif dan desa wisata kuliner.

Khusus untuk Kabupaten Banyuwangi mendapatkan 4 penghargaan sekaligus yaitu:

1. Pemimpin daerah yang mampu secara konsisten menjaga Cagar biosfer Indonesia kategori Special Recognation.

2. Desa Tamansari, Juara 1 kategori Desa Wisata Berbasis Alam.

3. Desa Kemiren, Juara 2 kategori Desa Wisata Berbasis Budaya.

4. Desa Bangsring Juara 2 Desa Wisata Berbasis Kreatif.

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani Azwar Anas, hadir langsung sekaligus menerima 4 penghargaan dimaksud, turut bahagia dengan apa yang telah dihasilkan oleh pelaku pariwisata yang bahu-membahu memajukan pariwisata di Banyuwangi. Semoga penghargaan ini akan menjadi penyemangat untuk terus berkarya demi kemajuan Pariwisata di Banyuwangi.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata yang turut juga hadir dalam penyerahan penghargaan M.Y. Bramuda mengungkapkan bahwa di era sekarang ini masyarakat tak hanya menjadi ”obyek turistik” lagi, melainkan sudah subyek pariwisata.

"Mereka menjadi wirausahawan, penyedia jasa, dan pekerja. Masyarakat lokal membuat kerajinan, memasak kuliner lokal, menyediakan kamar, mengajarkan budaya dan kearifan lokal kepada wisatawan, sekaligus belajar kepada wisatawan tentang hal-hal baru. Sehingga kedepan Desa wisata akan menjadi trend baru berwisata setelah pandemi. Selamat kepada Desa wisata yang menang, semoga menjadi motivasi bagi desa wisata lain untuk terus maju." pungkasnya.