Bertemu Budaya Lokal, Banyuwangi Ethno Carnival Dibanjiri Ribuan Penonton

Penulis: admin - 7/30/2018 07:35:00 am
Baca Juga
Bertemu Budaya Lokal, Banyuwangi Ethno Carnival Dibanjiri Ribuan Penonton
BANYUWANGI – Banyuwangi Ethno Carnival 2018 berlangsung dengan meriah, Minggu (29/7). Ribuan orang memadati sepanjang jalan yang menjadi rute BEC. Mereka tidak ingin ketinggalan menyaksikan event yang masuk sebagai  TOP 10 Calendar Event of Indonesia ini. Parade busana kolosal ini dibuka langsung Menko Maritim Luhut Binsar Panjaitan bersama Bupati Abdullah Azwar Anas.

Pagelaran BEC dibuka dengan fragmen kisah Puter Kayun yang tampil secara atraktif. Fragmen mengisahkan perjuangan Mbah Buyut Jakso, leluhur Warga Boyolangu yang membuka akses wilayah melalu Pantai Watu Dodol. 
Kisah inilah yang diperingati sebagai tradisi Puter Kayun, ritual tiap tanggal 10 Syawal warga desa Boyolangu menaiki delman ke Pantai Watu Dodol untuk melakukan kenduri masal di sana. 
Fragmen juga semakin meriah dengan tampilnya ratusan penari Gandrung yang mengiringinya.

Parade BEC dimulai saat munculnya penampilan deretan busana megah  di atas panggung utama BEC di jl. Veteran, Taman Blambangan. Sebanyak 120 busana kreasi etnik nan megah dengan tema Puter Kayun ditampilkan secara atraktif dan menawan. 
Semua busana itu merepresentasikan 10 sub tema yang diangkat dari ritual “Puter Kayun” seperti Kupat Lepet, Tapekong, Oncor-oncoran, Keris, Dokar, Buyut Jakso, dan Gedogan. Musik pengiring BEC yang rancak menambah semarak even yang masuk penyelenggaraan ke delapan kalinya ini. “BEC konsisten selalu mengusung tema yang berakar pada tradisi lokal untuk kita perkenalkan ke publik global. Semoga dengan strategi budaya ini kita bisa menghargai produk budaya Nusantara yang sangat beragam untuk saling bersanding dengan budaya global,” ujar Bupati Abdullah Azwar Anas. 
Kostum yang dibawakan menjadi representasi kekayaan nature dan culture milik The Sun Rise of Java. Detailnya terlihat unik. Kaya warna. Artistik. Nuansa Banyuwanginya jangan ditanya lagi. Ukiran, bentuk, desain, sampai warna, semua representasi dari tema ‘Puter Kayun’.
  • Bagikan:

Baca Informasi Lainnya