Wisata Banyuwangi Rowo Bayu Songgon

Penulis: admin - 4/01/2018 03:56:00 pm
Baca Juga
Rowo Bayu adalah sebuah rawa yang dikanan kirinya masih ditumbuhi tanaman asri dan kawasan hutan lindung. Keasrian ini membuat satwa dan fauna di rawa bayu masih banyak populasinya. Rowo bayu berasal dari kata rowo yang berarti “rawa” sedangakan bayu itu berasal dari nama desa yaitu “Desa Bayu”. Berada di kawasan hutan petak 8, dusun Sambung Rejo, desa Bayu, kecamatan Songgon, Banyuwangi Jawa Timur.

Lokasinya berada di ketinggian kurang lebih 800 meter di atas permukaan laut, sehingga udara dikawasan ini sangat sejuk. Areal telaga berdiameter sekitar 50 meter itu terkungkung hutan lebat dan bebat daun aneka pepohonan. Akibatnya, matahari pun susah payah meneroboskan sinarnya hingga siang hari seperti matahati tenggelam.

Selain Para Penelusur menikmati keindahan wisata alam Banyuwangi yang ada di Rowo Bayu, ternyata Rowo Bayu juga terkenal dengan sejarahnya lho, karena konon katanya telaga itu menyimpan sejarah Blambangan yang penuh linangan air mata dan tetesan darah. Di salah satu sudut di pinggir telaga itu terdapat petilasan Raja Blambangan Tawang Alun ketika bersemedi merenungi kematian dua adiknya, yang berperang melawan dirinya. Tempat yang hening ini menjadi salah satu destinasi pariwisata di Banyuwangi.
  • Bagikan:

Baca Informasi Lainnya