Bupati Azwar Anas : Pimpinan Jangan Kaku Dengan Stafnya

Penulis: admin - 3/30/2018 05:11:00 pm
Baca Juga
Di tengah berbagai capaian yang diraih Banyuwangi, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengingatkan para Kepala Satuan Perangkat Daerah (SKPD) untuk intens membangun komunikasi internal dengan bawahannya. Para kepala SKPD juga harus bisa menumbuhkan spirit para stafnya. 
 
Hal itu dikatakan Anas saat memimpin rapat koordinasi dengan seluruh kepala SKPD di Pendopo Banyuwangi, Kamis sore (29/4). Dia menjelaskan, para staf ini adalah consumer internal bagi suatu institusi. Konsumen internal ini, menurutnya, perlu dilayani dengan baik terlebih dahulu sebelum melayani publik.

"Staf ini perlu dibangun ikatan yang baik dengan pimpinannya. Mereka harus dipahamkan tugas masing-masing, mereka perlu dimotivasi untuk bisa menjalankan tugasnya dengan baik. Kalau konsumen internal kita sudah paham, maka akan memudahkan kita untuk melayani publik sebagai konsumen eksternal," kata Anas.

Ubtuk itu, lanjut Anas, salah satu tugas pimpinan adalah membangun semangat di lingkup kerjanya untuk terus meningkatkan kinerja, berinovasi maupun melayani publik perlu ditumbuhkan.

"Staf tidak cukup hanya diberi tunjangan kinerja, tapi perlu dibangun komunikasi ke dalam, ada perhatian pimpinan kepada timnya," kata Anas.

Salah satu strategi yang bisa dilakukan kepala SKPD adalah membangun komunikasi harian yang efektif. Serta menjaga kekompakan tidak hanya saat di kantor, tapi juga saat di luar.

"Pimpinan harus berkomunikasi aktif dengan staf. Jangan hanya nanya perkara pekerjaan. Perlakukan pegawai seperti keluarga. Ciptakan hubungan yang cair, jangan kaku. Dengan kedekatan personal, suasana kantor akan menjadi lebih akrab dan nyaman," ujar Anas.

Anas juga meminta agar sistem kerja yang telah terbangun di Pemkab Banyuwangi bisa terus dijalankan dengan baik. Predikat terbaik dengan nilai A pada sistem akuntabilitas kinerja Pemkab (SAKIP) bisa terus berjalan dan ditingkatkan.

"Jangan sampai banyaknya pujian yang datang atas prestasi membuat kita lengah. Kita justru harus melakukan evaluasi untuk peningkatan kinerja dari sebelumnya," ujarnya.

Sebelumnya Bupati Anas juga memotivasi hal yang sama pada Kepala Puskesmas Se Kabupaten Banyuwangi. Selain itu, secara khusus Kepala Puskesmas juga diminta terus bersinergi dengan kepala desa/lurah dan camat di wilayah kerjanya untuk mewujudkan kebersihan lingkungan.


source: merdeka.com
  • Bagikan:

Baca Informasi Lainnya