TAU GAK SIH? "KEBLAK-KEBLAK KUKURUYUK" AKAN BERKUMANDANG DI YOGYAKARTA APRIL 2017

Penulis: admin - 2/19/2017 01:51:00 pm
Baca Juga
foto: Barong Joyo Kusumo Boyolangu, Giri, Banyuwangi
Siapa yang belum tau Banyuwangi? Selain pariwisata dan kuliner, Banyuwangi juga kaya akan seni dan budaya yang digemari oleh berbagai kalangan, dari anak-anak hingga orang dewasa.

Apalagi kesenian Barong, siapa sih yang belum tau? pasti hampir semua warga Banyuwangi tau apa itu kesenian Barong Using. Namun tau gak sih bahwa pada bulan April 2017 kesenian Barong akan dibawa ke Yogyakarta?

Di tahun 2017 ini Keluarga Pelajar Mahasiswa Banyuwangi Yogyakarta (@KPMBY) akan punya gawe yaitu Mahakarya Bumi Blambangan yang rencananya diselenggarakan 5-9 April 2017 di Taman Budaya Yogyakarta. Berbagai macam rangkaian acara yang pernah ada di Banyuwangi kini akan di usung ke Yogyakarta oleh KPMBY guna memperkenalkan ke masyarakat luas bahwa Banyuwangi itu kaya akan seni, budaya, wisata, kuliner dll.

Barong Family Banyuwangi (BFB) salah satu komunitas yang turut berpartisipasi membawa Barong, Pitik, Macan untuk dimainkan di acara Mahakarya Bumi Blambangan di Yogyakarta ini. Hingga kini BFB rutin berlatih guna untuk memaksimalkan ketika penampilannya nanti. Bahkan BFB mempersiapkan kebutuhan Barong sendiri untuk dibawa ke Yogyakarta. Salah satunya daun santen yang sering dipake sebagai makanan macan-macanan ketika main nanti, karena di Yogyakarta tidak ada pohon santen jadi mereka nantinya berinisiatif membawa langsung dari Banyuwangi. Ini adalah salah satu bentuk aksi pemuda Banyuwangi yang kreatif dan turut mempromosikan Banyuwangi ke luar daerah.

Penasaran dengan rangkaian acaranya @mahakaryabumiblambangan ? agendakan pada 5-9 April 2017 di Taman Budaya Yogyakarta



Reporter: Y.A.P
  • Bagikan:

Baca Informasi Lainnya