UKM batik, kerajinan, dan makanan mewarnai Banyuwangi Batik Festival 2016

Penulis: Unknown - 10/09/2016 09:06:00 pm
Baca Juga
 
Sore tadi (09/10/ 2016) blambangan mendadak ramai. Disini, berkumpul 22 UKM dan brand batik di banyuwangi. "Barangnya lumayan bagus mas", ujar dwi, 50, salah satu pengunjung pameran mengomentari barang yang ditawarkan oleh UKM yang mengikuti pameran.

Harga yang ditawarkan juga bervariasi, mulai dri 30ribu hingga jutaan rupiah. Ada juga Batik yang menggunakan pewarna alami. "Saya lebih memilih pewarna alami, lebih menyatu dengan alam, tapi satu kelemahannya, Mahal"

Display yang ditawarkan per UKM juga bervariasi. Waktu yang ramai dikunjungi tadi saat ada danang dan denada checksound. Walaupun mendung disertai angin kencang  tetap saja ramai dikunjungi.

Pameran ini berakhir malam ini. Malam puncak BBF (Banyuwangi Batik Festival). sekadar informasi, tahun 2016 ini tema BBF adalah Batik Sekar Jagad. Sekar Jagad adalah salah satu motif batik Banyuwangi yang unik. Batik yang akan menjadi tema pada Banyuwangi Batik Festival 2016 ini memiliki filosofi yang dalam.

Motifnya yang merupakan gabungan dari beberapa motif batik lain merupakan gambaran semboyan Bangsa Indonesia yaitu Bhinneka Tunggal Ika. Bhinneka Tunggal Ika memiliki arti berbeda-beda namun tetap satu jua. Penggambaran semboyan itu terwujud dalam motif batik Sekar Jagad, dimana ragam motif#batikbanyuwangi yang beragam ketika disatukan dalam satu wadah, maka akan tetap padu dan indah.


Tidak hanya diisi oleh UKM yang berjualan batik, disana juga disediakan food court, tenda tenda yang diisi oleh UKM yang menjual makanan. Dan tidak hanya makanan, di sana juga ada yang berjualan kerajinan.

" saya berharap tidak hanya sehari dua hari, bisa lanjut seminggu. Banyak yang gak tau kalau disini ada pameran." pungkas dwi. Dengan acara ini diharapkan semakin meningkatkan ekonomi masyarakat dibidang kreatif

  • Bagikan:

Baca Informasi Lainnya