Jadi Begini Cerita Suksesnya Upacara Adat Barong Ider Bumi Kemiren 2016

Penulis: admin - 7/08/2016 06:50:00 am
Baca Juga
foto: Barong Ider Bumi 2016
BANYUWANGI. Ider bumi merupakan salah satu rangkaian upacara adat yang ada di desa Kemiren. Upacara adat ini dilaksanakan setiap tanggal 2 syawal pukul 14.00 WIB (7/07/2016).

"Prosesi ini diawali dengan arak-arakan barong Kemiren yang diberangkatkan dari desa Kemiren sebelah timur (depan rumah Pak Sapi'i) dan berhenti di desa Kemiren sebelah barat tepat di Sanggar Genjah Arum dan kemudian kembali lagi menuju timur yakni tempat pemberangkatan" ungkap Zessi remaja Kemiren.

Setelah arak-arakan selesai kemudian digelar selametan tumpeng pecel pitik di sepanjang jalan tempat pemberangkatan arak-arakan dimulai. Dengan dipimpin oleh ketua adat. Yang terlibat dalam acara ini hampir seluruh lapisan masyarakat. Mulai dari perangkat desa, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan sekaligus warga desa Kemiren lainnya.

Dana yang diperoleh untuk melaksanakan upacara adat ini sebagian berasal dari masyarakat desa dan sebagian dana diperoleh dari sumbangan dana desa. Namun, sejak beberapa tahun terakhir ini, dinas kebudayaan dan pariwisata kabupaten banyuwangi juga ikut menyumbangkan dana untuk pelaksanaan upacara adat ider bumi ini. Sehingga dari panitia pelaksananya, bisa mengemas acara ini menjadi lebih menarik lagi.

Peran pemuda di desa Kemiren pada acara ini sangat besar. Karena sebagian panitianya, juga berasal dari karang taruna desa.

Penulis : I.S
Editor : Y.A.P
  • Bagikan:

Baca Informasi Lainnya