SOROTAN

6/recent/ticker-posts

Suku Using : Kebudayaan yang masih dijaga di kemiren


Berbicara soal banyuwangi, (sunrise of java) tak lepas dari salah satu suku unik, Using. Using ini memiliki keragaman budaya. mulai dari kuliner khasnya, rumah adatnya, bahasanya. akan kita bahas satu persatu. Di banyuwangi ada sebuah desa yang masih menjaga budaya Using meskipun jaman sudah modern. Namanya desa Kemiren, desa yang masih menjunjung tinggi budaya Using.

Rumah Using


berdasarkan penjelasan sucipto, Using memiliki rumah adat dengan 3 macam bentuk atau model:

  • Umah Tikel Balung

Umah Tikel balung  ini memiliki atap jumlahnya 4, biasanya rumah jenis ini dipasang dimuka tempat bale(teras) dan jrumah (kamar tidur)

  • Umah Cerocogan
Umah Cerocogan  ini memiliki atap jumlahnya 3, biasanya rumah jenis ini dipasang dibelakang rumah untuk pawon (dapur)
  • Umah Baresan
Umah Baresan  ini memiliki atap jumlahnya 2, biasanya rumah jenis ini dipasang dibelakang samping rumah untuk lain - lain (kandang misalnya)


Bahasa Using

Selain rumah, suku using juga memiliki bahasa sendiri, basa using namanya.
mungkin temen temen pernah mendengar Bahasa using ditambah dengan sisipan hurup y pada saat pengucapan vokal. seperti contoh:


Madang = madyang = makan
atau pemberian sisipan 'a' pada akhiran huruf i. seperti contoh

Wani = Wanai = berani

"Sebenarnya pemberian itu (huruf y/a) hanya pengucapan/ logat saja mas"  kata bapak Ridho, Kabid Pariwisata Disparta Banyuwangi. itulah uniknya bahasa using, penulisan dan pengucapan terkadang terdapat perbedaan.

Makanan Using


itu Masih soal rumah,
Ada lagi makanan yang enak nih buat kita ketagihan untuk mencobanya. sekali mencoba, ingin lagi dan lagi.
Namanya pecel pitik. Pecel disini bukan yang menggunakan bumbu kacang itu ya. tapi pecel pitik ini uniknya tmenggunakan parutan kelapa, dengan ayam yang sudah dipanggang. rasanya enak banget, biasanya pecel pitik ini bisa dijumpai saat upacara adat bersih desa,

Lokasi desa Kemiren

Untuk mengunjungi mudah sangat mudah, selain akses jalannya enak dan juga dekat, hanya sekitar 5 km dari pusat kota. Dari stasiun karang asem ( stasiun terdekat dari kemiren) kira kira 3 km. Dari stasiun bisa menggunakan ojek (dengan tarif berkisar 10-20ribu), Atau taksi. Transportasi ke kemiren bisa menggunakan mobil kira kira hanya 5-10 menit. jika menggunakan bus, transportasi yang digunakan sama ojek(dengan tarif berkisar 15-30ribu) atau taxi.

berikut adalah lokasi dari kemiren:



Jika ingin berkunjung ke kemiren
silahkan hubungi bapak ridho, kabid kebudayaan WA: 081233987904
atau menghubungi pak sucipto, sesepuh barong, 085859950720
bisa juga menghubungi pak samsul, ketua sanggar tari laras wangi, 085732864043

Ayo datang ke banyuwangi pasti anda ingin kembali menikmati keindahan pesona banyuwangi.