PESONA BANYUWANGI: 3 Kuliner Khas Banyuwangi yang Wajib Traveller Coba

Penulis: Unknown - 5/14/2016 07:06:00 am
Baca Juga


Berlibur kurang lengkap kalau tidak mencicipi makanan khas suatu daerah tersebut. Ya, makanan khas pasti bakalan menjadi incaran para traveler. Banyuwangi, salah satu destinasi wisata memiliki banyak makanan khas.


Di banyuwangi ada makanan khas yang sayang sekali kalau dilewatkan. Pecel Pitik namanya, pecel pitik bukan pecel seperti biasanya ya (sayur dengan bumbu kacang), pecel pitik ini ayam suwir atau potongan- potongan ayam yang diberi kelapa. ayam yang dipanggang terlebih dahulu kemudian diberi kelapa yang diparut. Rasanya enak sekali. Sebagai informasi, Pecel Pitik ini biasanya di gunakan untuk suguhan saat upacara bersih desa di kemiren, 3 hari setelah hari raya Idul Fitri. Pecel pitik ini memiliki rasa yang khas, gurih. Sekali coba bakal ketagihan. jika ingin mencicipi nikmatinya pecel pitik silahkan reservasi pada pak sucipto, sesepuh barong, 085859950720 bisa juga menghubungi pak samsul, ketua sanggar tari laras wangi, 085732864043


Lain halnya dengan pecel pitik, ada makanan yang wajib dicoba teman teman traveler. Namanya Uyah Asem, (bahasa jawa: garam asam). Memang jika terjemahkan dalam bahasa jawa, Uyah Asem, berarti Garam Asam. Tenyata cara memasaknya tidak hanya menggunakan garam, bahkan masakan yang mirip dengan sayur asam ini tidak mengunakan buah asam sama sekali. Rasa masamnya kuah Uyah asem ini menggunakan daun wadung dan belimbing wuluh. Uyah asem berbeda dengan sayur asem, jika sayur asem menggunakan sayur (kacang, kangkung dll), Uyah Asem menggunakan Ayam kampung sebagai sajiannya. Menikmati Uyah asem lebih enak saat siang hari, dimana cuaca panas akan segar saat menikmati Uyah asem dengan sambel mentah yang nendang. Jika anda ke banyuwangi, ingin menikmati masakan ini silahkan hubungi 085 204 570 467/ 0823 1234 2425 (mbak erni)



satu lagi dari banyuwangi, yang sangat terkenal adalah NASI TEMPONG. Masakan banyuwangi rata rata memiliki rasa pedas - gurih. namun, nasi tempong ini rasanya super pedas. Itulah kenapa diberi nama Nasi Tempong  karena setelah makan ini serasa di tempong(Tampar) saking pedasnya, tidak recommended buat yang tidak suka pedas.
Isi nasi tempong ada sayur diberi sambal super pedas, tahu, gimbal jagung (bakwan), tempe, ikan asin dan lauk pelengkap (optional). Di Banyuwangi banyak sekali yang jual nasi tempong tapi yang terkenal ada Mbok Wah(di bakungan, dekat stasiun karang asem), ada juga mbok Nah (di kertosari).


  • Bagikan:

Baca Informasi Lainnya