56 Penyelam Siap meramaikan Banyuwangi Underwater Festival 2016

Penulis: Unknown - 5/21/2016 01:18:00 pm
Baca Juga
Panggung Utama Banyuwangi Underwater Festival 2016


BANGSRING - Pengibaran bendera di bawah laut menandakan bahwa Banyuwangi Underwater Festival 2016 telah di mulai. Acara yang dimulai jam 09:00 ini dibuka langsung oleh Bapak Abdullah Azwar Anas, Bupati Banyuwangi.

"Festival ini dimulai dari bawah, Pemda hanya menyupport saja" , jelas Bapak Bupati. Festival Underwater ini berangkat dari Kelompok nelayan. Seperti halnya rumah apung, Rumah apung ada karena atas inisiatif dari kelompok nelayannya. Dulunya, untuk mendapatkan uang nelayan hanya mengambil ikan dan melupakan konservasi, sekarang tanpa adanya pengambilan, dan justru menyelamatkan ikan akan memberikan nilai ekonomis bagi nelayan di sektor wisata.

"Nantinya, kami akan bantu kelompok nelayan, dan kelompok nelayan yang akan mengembangkan. Kami hanya menyupport bukan mengelola, jika kita yang mengelola maka akan menjadi wisata nasional", Ujar Bapak Agus, dari kementrian kelautan.

peralatan penyelam

Acara ini diramaikan oleh 56 penyelam, dan beberapa pendamping penyelam. "Makna dari 56 penyelam adalah 56 tahun hari nelayan nasional.", Jelas Bapak Untung Widiarto, Kepala bidang Kelautan, Dinas Kelautan dan perikanan. Teknisnya, Para penyelam menyelam selama 30 menit secara bergantian. " Jika dihitung hitung, 56 penyelam dan dalam waktu 30menit, maka estimasi kita adalah seluruh penyelaman adalah 28 Jam." tambah pak Untung.

Di acara ini pula terdapat penanaman 1000 terumbu karang. "Penanaman terumbu karang tidak hanya dilakukan di bangsring, penanaman terumbu karang ini pula di lakukan serentak di seluruh kecamatan yang ada di banyuwangi. ". jelas bapak Untung. Bahkan di muncar, kelompok nelayannya sanggup menanam 1200 terumbu karang untuk hari ini. "Hari ini saja, total terumbu karang yang sudah ditanam kira kira 2700 terumbu karang untuk seluruh kecamatan di banyuwangi" pungkas bapak Untung.
partisipasi pelajar dalam penanaman 1000 terumbu karang

"Kita sangat senang sekali bisa ikut berpartisipasi dalam acara penanaman terumbu karang di Banyuwangi Underwater Festival 2016 ini", Ujar salah satu siswi SMA ibrahimy wongsorejo. Acara ini juga dihadiri anak anak PAUD/TK dan pelajar untuk mengikuti edukasi tentang bawah laut.


  • Bagikan:

Baca Informasi Lainnya