Uji Jaringan Telkomsel Rute Banyuwangi-Bali

Penulis: admin - 6/06/2015 04:07:00 pm
Baca Juga
Menjelang datangnya bulan Ramadhan, operator selular selalu melakukan uji jaringan untuk mengetahui kesiapan jaringannya menghadapi lonjakan trafik. Terutama di masa-masa mudik. Tidak terkecuali Telkomsel.
Operator penguasa pasar ini melakukan uji coba jaringan di berbagai rute mudik. Salah satunya Banyuwangi hingga Bali. Dipilihnya rute ini , menurut Sukardi Silalahi, Direktur Jaringan Telkomsel, karena kedua area yang memiliki data tarik wisata ini diprediksikan akan mengalami peningkatan trafik saat masa mudik nanti. “Rute ini selain akan dipadati pemudik, diperkirakan juga akan diramaikan oleh mereka yang berlibur” tambah Sukardi.
Di hari pertama ini (5/6/2015), setibanya di bandara Belimbing Sari Banyuwangi, rombongan Telkomsel dan media langsung menuju ke rumah dinas Bupati Banyuwangi.
Di Banyuwangi layanan Telkomsel digunakan oleh sekitar 740 ribu pengguna. Atau menguasai 65% pangsa pasar . Di Banyuwangi, Telkomsel sudah menyebar 346 BTS yang terdiri dari 202 BTS 2G dan 144 BTS 3G. Di mana di area ini belum terjangkau akses 4G.
Setelah dijamu oleh Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Annas, rombongan melanjutkan perjalanan menuju pelabuhan Ketapang. Kemudian menyeberang menggunakan kapal feri menuju Bali.
Selama perjalanan ini, Selular melakukan  uji jaringan Telkomsel di beberapa titik lokasi. Pengujian dilakukan menggunakan smartphone Samsung Galaxy S6 Edge. Serta mengandalkan aplikasi Sensorly untuk mengetahui besaran kecepatan akses data.
Dan berikut ini hasil uji jaringan selama di Banyuwangi.
Bandara BlimbingSari
Dari beberapa percobaan yang dilakukan, kecepatan akses data yang di tangkap, ternyata naik turun. Namun masih dalam batas yang terbilang cukup baik.
Bandara-Belimbing-Sari_Rumah Dinas Bupati
Di lokasi ini kecepatan akses data Telkomsel terbilang cukup stabil. Yaitu di rentang sekitar 2 Mbps.
Rumah-Dinas-Bupati_Alun-alun
Di area yang terletak persis di depan rumah dinas Bupati ini, kecepatan yang didapat kembali naik turun. Namun ketidakstabilan ini terjadi di rentang kecepatan akses data yang cukup tinggi untuk ukuran jaringan 3G/HSPA.
Alun-alun_Pelabuhan Ketapang
Sesaat sebelum menyeberang ke Bali, dilakukan uji jaringan di pelabuhan penyeberangan ini. Hasilnya kecepatan yang diperoleh juga tidak stabil. Namun lagi-lagi masih dalam kecepatan yang cukup tinggi.
Pelabuhan-Ketapang_Dengan berbagai besaran kecepatan yang didapat selama di Banyuwangi, akses data di jaringan Telkomsel terbilang cukup kencang di jaringan 3G/HSPA. Aktifitas berinternet, mulai dari browsing, downloading hingga streaming bisa dinikmati dengan baik. Telkomsel sendiri di tahun 2015 ini mencanangkan program True Broadband Experience (TruBEx). Yaitu dengan program peningkatan performa jaringan, agar pengguna bisa merasakan kecepatan akses data yang memuaskan.



source: selularid
  • Bagikan:

Baca Informasi Lainnya