"TUKIK" Anak penyu jadi maskot Porprov Jatim yang digelar di Banyuwangi

Penulis: admin - 6/03/2015 11:53:00 am
Baca Juga
Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, sebagai tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jatim 2015 memilih tukik atau anak penyu sebagai maskot ajang pertandingan dua tahunan tersebut.
Maskot perpaduan warna hijau, hitam dan merah itu diluncurkan oleh Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas bersama Ketua Umum Komite Olahraga Nasional (KONI) Banyuwangi Bambang Wahyudi di Banyuwangi, Senin.
Azwar Anas mengemukakan bahwa pemilihan tukik itu karena Banyuwangi merupakan salah satu lokasi persinggahan penyu bertelur di Indonesia.
Ia menjelaskan empat dari enam jenis tukik di dunia, bertelur di sepanjang pantai Banyuwangi setiap tahunnya dan di daerah berjuluk "The Sunrise of Java" itu terdapat setidaknya empat lokasi penangkaran penyu.
Maskot tukik itu berwana hijau, memakai udeng (penutup kepala) dengan motif batik khas Banyuwangi, gajah oling. Tangan kanannya terbuka, sebagai tanda ucapan selamat datang kepada para atlet.
"Tangan kirinya memegang obor, sebagai gambaran api yang tak pernah padam seperti semangat atlet yang pernah surut meraih prestasi. Dengan peluncuran maskot ini, Banyuwangi telah siap menjadi tuan rumah tunggal pelaksanaan Porprov Jatim 2015," katanya seperti dikutip Antara.
Anas menjelaskan bahwa pembuatan maskot itu melibatkan peran serta masyarakat dengan menggelar lomba membuat gambar maskot.
Porprov V Jawa Timur akan digelar di Banyuwangi, mulai 6 hingga 13 Juni 2015 yang diikuti 9.112 atlet dari 34 kabupaten di Jawa Timur.
Ajang ini mempertandingkan 35 cabang olahraga, seperti voli, karate, basket, sepak takraw, sepak bola, futsal, pencak silat, judo, kempo, wushu, taekwondo, tenis lapangan, angkat berat, catur, renang, balap sepeda, tenis meja, selam, bulu tangkis, atletik, panjat tebing, tinju, bridge, senam, drumband, menembak, panahan dan gulat.
Anas mengemukakan bahwa Porprov kali ini berbeda karena Banyuwangi merupakan tuan rumah tunggal, sementara tahun-tahun sebelumnya yang menjadi tuan rumah lebih dari satu kabupaten atau kota.
Pihaknya sudah menyiapkan venue serta akomodasi untuk para peserta dan ofisial selama di Banyuwangi. Sarana itu antara lain Stadion Diponegoro, tribun, kolam renang GOR Tawangalun, perlintasan atletik, hingga lapangan tenis.


source: kabarbisnis
  • Bagikan:

Baca Informasi Lainnya