SOROTAN

6/recent/ticker-posts

Gunung Ijen adalah ikon Banyuwangi. Banyuwangi sangat identik dengan 'blue fire' di kawah Ijen. Dari kawah itu pula api Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) V 2015 berasal. Api tersebut akan disematkan pada tungku besar pada acara pembukaan Porprov V, Sabtu (6/6/2015) besok malam.

Pengambilan api Porprov dari blue fire di dalam Kawah Ijen pada, Kamis (4/6/2015) dini hari. Api diambil oleh tim gabungan dari KONI Jawa Timur (Jatim), KONI Banyuwangi dan Dinas Pemuda dan Olahraga Banyuwangi. Api kemudian menempuh perjalanan sekitar 45 kilometer menuju Pendopo Banyuwangi untuk disemayamkan hingga pelaksanaan pembukaan Porprov.

Puluhan penambang belerang Ijen juga turut mengiringi pengiriman api ini. Blue fire merupakan fenomena alam yang unik dari Gunung Ijen. Api biru ini muncul akibat proses kimia terbakarnya gas metana yang dihasilkan belerang oleh rembesan panas bumi dari perut bumi. Selain di Ijen, di belahan dunia lain fenomena unik ini hanya bisa ditemui di Islandia.

Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas mengatakan, api Porprov sengaja diambil dari api abadi yang berasal dari blue fire Kawah Ijen, sebagai simbol dari perjuangan dan kerja keras para atlet Porprov dalam bertanding. Atlet juga diharap untukm termotivasi dengan perjuangan para penambang.

"Seperti para penambang belerang di Gunung Ijen yang bekerja keras untuk mendapatkan belerang. Meskipun beban yang dipanggul sangat berat, namun mereka tetap berjuang membawa ratusan kilogram belerang dari puncak Ijen ke bawah. Atlet pun diharapkan memiliki semangat yang sama," kata Anas.

Anas juga berharap spirit perjuangan dan kerja keras atlit porprov juga dibarengi dengan spirit sportiftas dalam bertanding. “Kita berharap Porprov bisa menghasilkan atlet-atlet yang berprestasi sampai tingkat internasional," tutup Anas.



source: beritajatim