Di Banyuwangi Bisa Kursus 3 Bahasa Asing Gratis

Penulis: admin - 6/02/2015 03:17:00 pm
Baca Juga
Membekali warganya menghadapi Ekonomi ASEAN (MEA) di setiap penjuru desa Pemkab Banyuwangi sediakan kursus bahasa Inggris, Mandarin dan Arab. Kursus ini bisa diikuti secara gratis.

Kursus bahasa asing tingkat desa dan kelurahan ini diselenggarakan di 217 desa dan kelurahan yang ada di Banyuwangi. Satu desa melaksanakan satu kursus bahasa dengan satu tutor. Jadwal pertemuan tiga kali seminggu.

Kursus bahasa asing ini yang diikuti 3.009 peserta akan berlangsung selama 3 bulan dengan 67 kali tatap muka. Di akhir periode, ribuan peserta ini akan mengikuti uji kompetensi. Jika lulus akan memperoleh sertifikat kelulusan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, sehingga diakui secara nasional. Mereka yang tidak lulus, akan mengulang kembali pembelajarannya.

“Pengajarnya kami ambilkan dari guru bahasa dan lembaga kursus dan pelatihan. Desa silakan memilih satu bahasa sesuai minatnya. Bila ada warga yang memilih bahasa lain, silhakan datang ke desa sebelah,” kata Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, Jumat (22/3/2015).

Ditambahkan Anas, kursus bahasa ini digelar di tingkat desa sebagai upaya untuk memfasilitasi warga desa bisa berkomunikasi bahasa internasional.

“Selama ini kesannya kursus hanya bisa dijangkau warga kota dan biayanya mahal. Karena itu, kami sengaja membuat kursus gratis berbasis desa, yang lokasinya dekat dengan tempat tinggalnya,” kata Anas.

Salah satu peserta kursus Fauzi (21), pemuda yang berprofesi sebagai petani ini mengatakan sangat senang saat pemkab memberikan pelatihan bahasa Inggris di desanya.

“Meski saya petani, saya merasa perlu bisa pintar bahasa Inggris. SMA dulu juga dapat pelajarannya, tapi kalau lewat kursus kan lebih bisa cepat terampilnya karena langsung praktek satu-satu,” ujar pemuda asal Glenmore ini.

Berbeda dengan Nanang Maulana mahasiswa STAI Ibrahimy yang mengikuti kursus bahasa Arab. Nanang memanfaatkan kursus ini untuk melancarkan niatnya melanjutkan studi pascasarjana di Thailand yang mensyaratkan kemampuan berbahasa Inggris dan Arab.
  • Bagikan:

Baca Informasi Lainnya