Banyuwangi Ingin Jadi Kiblat Fashion

Penulis: admin - 6/03/2015 04:02:00 pm
Baca Juga
Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas berkomitmen untuk mengangkat fashion khas daerah.

Salah satunya melalui Banyuwangi Islamic Fashion Week (BIFW) yang digelar di tempat pelelangan ikan di Pelabuhan Muncar, Senin (1/6/2015). "Kami akan selalu mencari cara untuk menampilkan keunikan daerah. BIFW kami angkat untuk merepresentasikan kultur budaya Islam yang menjadi bagian dari keseharian warga  di Banyuwangi," katanya.

"Sekarang Indonesia menjadi salah satu kiblat mode muslim dunia, kita ingin di Banyuwangi juga muncul desainer fashion muslim yang bisa go nasional," kata Anas.

Harapan Anas bak gayung bersambut dengan semangat para model fesyen yang tampil. Meski terik matahari sore cukup panas, namun para model fashion muslim ini tetap anggun memeragakan baju-bajunya.

"Meski panas, tapi angin laut yang semilir ini membuat kami nyaman. Selain itu, saya excited sekali, karena baru kali ini tampil di catwalk yang lokasinya di pesisir pantai. Asyik sekali," kata Dewi, siswi SMK Sri Tanjung Banyuwangi.

Anas mengatakan dipilihnya tempat pelelangan ikan (TPI) Muncar sebagai lokasi parade fesyen untuk merepresentasikan Banyuwangi sebagai kawasan pesisir yang memiliki pantai terpanjang di Jawa Timur. Muncar sendiri adalah salah satu pelabuhan ikan terbesar di Indonesia.

"Jika biasanya TPI identik dengan bau amis dan kumuh. Lewat even ini, image itu ingin dihilangkan. TPI kami  sulap menjadi tempat yang bersih dan layak sebagai salah satu tujuan wisata yang menawan," kata Anas.

Selain itu, kata Anas, pemda ingin membangkitkan semangat kebaharian ke seluruh masyarakat Banyuwangi. Mengingat potensi maritim Banyuwangi yang sangat besar.

"Ikhtiar kami agar daerah yang dulunya terbelakang, ke depan menjadi bersih dan potensi-potensinya terangkat. Termasuk akan melakukan penanaman 200 pohon trembesi di sekitar TPI Muncar, sehingga tempat ini nyaman dikunjungi dan tidak panas. Seperti pelabuhan di Korea yang teduh dan asri," katanya.



source: beritajatim
  • Bagikan:

Baca Informasi Lainnya