9ribu Atlet Ikuti Pekan Olahraga Provinsi Jatim di Banyuwangi

Penulis: admin - 6/04/2015 03:07:00 pm
Baca Juga

Lebih dari 9.000 atlet dan perangkatnya akan tampil dalam ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Timur yang dipusatkan di Banyuwangi pada 6-13 Juni 2015. Para atlet dari 38 kabupaten/kota se-Jatim pun sudah mulai berdatangan ke Banyuwangi. Porprov merupakan ajang olahraga terbesar di Jatim yang digelar tiap dua tahun. Tahun ini, Porprov akan mempertandingkan 35 cabang olahraga.

"Pembukaan Porprov akan dilaksanakan tanggal 6 Juni 2014, langsung oleh Gubernur Jawa Timur Pak Soekarwo. Semua persiapan sudah oke, semoga bisa berjalan lancar hingga akhir," kata Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas.

Anas berterima kasih kepada Pemprov Jatim dan KONI Jatim yang memberi kepercayaan kepada Banyuwangi untuk menjadi tuan rumah Porprov. "Ajang ini juga membuat perekonomian rakyat bergerak, mulai dari bisnis transportasi, makanan, penginapan, hingga kerajinan. Kami berterima kasih kepada Gubernur Jatim dan KONI Jatim," ujar Anas.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Banyuwangi, Wawan Yadmadi, mengatakan, total orang yang akan terlibat di Porprov Jatim tahun ini dipastikan tembus 10.000 orang. Selain 9.000 atlet dan perangkatnya (official), juga ada panitia KONI Jatim dan para pendukung.

"Pemkab Banyuwangi siap menyelenggarakan. Koordinasi terus tiap saat melalui WhatsApp dan rapat-rapat kecil melibatkan lurah, kepala desa, camat, dinas, hingga para relawan. Semua venue juga sudah siap. Mohon doa semoga lancar," kata Wawan.

Dia memaparkan, 35 cabang olahraga (cabang olahraga) akan dipertandingkan di venue-venue yang tersebar merata di seluruh wilayah Banyuwangi. Contohnya, cabor tenis meja digelar di Gedung Tri Dharma Kecamatan Genteng, cabor aeromodelling di Kecamatan Glenmore, cabor sepeda BMX di Kecamatan Muncar, cabor bridge di kawasan Bangsring. "Kegiatan merata ke hampir seluruh kecamatan karena Banyuwangi ini memang sangat luas. Jadi kami ingin semaraknya terasa dan masyarakat bisa terinspirasi dari ajang Porprov ini," kata Wawan.

Meski baru resmi dibuka pada Sabtu (6/6) mendatang, hingga hari ini Kamis (4/6) sudah 8 cabor yang dipertandingankan. Seperti tenis meja, panjat tebing, sepak bola, dan hockey indoor maupun ourdoor.

Menurut Ketua Harian KONI Jatim, Dhimam Abror sejauh ini pelaksanaan Porprov di Banyuwangi dinilai sudah berjalan sesuai rencana. "Pelaksanaan dan persiapannya bagus. Pertandingan yang telah berjalan tidak ada kendala yang berarti. Saya kira Banyuwangi memang telah siap menjadi tuan rumah," ujar Dhimam usai menyerahkan Api Porprov kepada Bupati Anas di Pendopo, KAmis (4/6).

Sekadar diketahui, maskot porprov 2015 berwujud sebuah Tukik (anak penyu). Banyuwangi merupakan salah satu lokasi persinggahan penyu bertelur di Indonesia. Empat dari enam jenis tukik di dunia, bertelur di sepanjang pantai Banyuwangi setiap tahunnya.

Maskot Tukik ini berwana hijau, memakai udeng (penutup kepala) dengan motif batik khas Banyuwangi, yaitu gajah oling. Tangan kanannya terbuka, sebagai tanda ucapan selamat datang kepada para atlet. Tangan kirinya memegang obor, sebagai gambaran api yang tak pernah padam seperti semangat atlet yang pernah surut meraih prestasi.



source: gatra
  • Bagikan:

Baca Informasi Lainnya