SOROTAN

6/recent/ticker-posts

Banyuwangi, Berlian dari Jawa


Banyuwangi- Banyuwangi, Berlian dari Jawa. Banyuwangi merupakan Kabupaten yang terletak di ujung paling timur provinsi Jawa Timur. Karena paling timur, Banyuwangi melalui pak Abdullah Azwar Anas menyebut bahwa Banyuwangi adalah Sunrise Of Java. Mengapa disebut demikian? matahari jawa pertama terbit dari banyuwangi.


Banyuwangi berbatasan dengan kabupaten Situbondo di sebelah utara, untuk sebelah barat banyuwangi berbatasan dengan kabupaten Jember dan Bondowoso, dan sebelah timur ada Selat Balidan di sebelah selatan Banyuwangi berbatasan dengan samudra Hindia. Secara geografis, Banyuwangi terletak pada koordinat 7 derajat 45' 15'' - 80 43' 2'' LS dan 113 derajat 38' 10'' BT.

Pesona alam yang indah tersebar dari wilayah utara sampai selatan, dari wilayah barat sampai timur. Gunung, hutan, dan pantai memberi corak masing masing wilayah. seperti Kawah Ijen yang berada di wilayah utara, yang terkenal dengan keindahan kawah danaunya, penambang tradisional belerang yang menaiki dan menuruni kawah serta bukit Gunung Merapi, dan perkebunan yang melingkupi lereng gunung dimana Kawah Ijen berada. Di sebelah selatan, pulau merah, pantai wedi ireng(baru dibuka ketika pemerintahan pak Anas), Pantai mustika, pantai pancer, teluk hijau, Taman nasional Alas Purwo dengan pantai, hutan dan binatang liarnya serta Taman Nasional Meru Betiri dimana binatang langka seperti Harimau jawa dan Penyu tinggal dan menandai tanah Banyuwangi.

Banyuwangi juga memiliki keanekaragaman seni dan budaya, adat tradisi. Salah satu kesenian Banyuwangi adalah Gandrung, yaitu tarian untuk menyambut para tamu. Tarian ini Khas, yang akhirnya dijadikan maskot pariwisata banyuwangi. Selain itu, seblang, kuntulan, damarwulan, angklung, ketoprak barong, kendang kempul, jaranan dan kesenian lain yang merupakan kesenian khas. 

Jika Di Indonesia memiliki Bali, maka di Jawa ada Banyuwangi. Disini apa aja ada, dari gunung, hutan dan pantai. Jadi, Kapan Ke Banyuwangi Lagi? Banyuwangi, Berlian dari Jawa

Baca Juga:

10 Peta Wisata Banyuwangi dan 4 Info Kuliner Banyuwangi Terkenal