Kukuhkan Durian Merah dari Banyuwangi

Penulis: Unknown - 3/07/2015 04:36:00 pm
Baca Juga

durianBANYUWANGI – Setelah berkeliling ke beberapa wilayah Indonesia, hari ini giliran komunitas pencinta durian singgah di Kota Gandrung. Komunitas yang terdiri atas yayasan durian nasional, maniak durian, durian lover, dan ahli durian dari berbagai negara itu, kemarin (6/13) tiba di Banyuwangi.
Rombongan diterima Ketua Pusat Penelitian dan Pengembangan Durian Merah Banyuwangi, Eko Mulyanto, di kebunnya di Jalan Brawijaya. Mereka berdiskusi kecil sembari menikmati durian yang disuguhkan Eko. Eko mengatakan, rombongan itu akan menggelar diskusi terbuka untuk membahas beberapa hal penting mengenai durian merah Banyuwangi di Pondok Indah, Desa Paspan, Kecamatan Glagah, hari ini.
Dengan mengundang ahli durian lndonesia, Malaysia, Brunei Darussalam, Australia, dan Inggris, mereka akan membahas potensi yang dimiliki durian merah dan teknik untuk trading pemasaran maupun pengolahan. “Kami juga akan membahas trading, baik segi pemasaran maupun olahan kata Eko. Durian merah Banyuwangi layak ekspor dan kualitasnya setara dengan durian Thailand jenis monthong. “Kedatangan mereka ini merupakan kesempatan bagi kita untuk belajar teknik trading durian. Dari segi pemasaran, kita akan berkonsultasi dengan ahli durian dari Brunei, Dari segi olahan kita akan konsultasi dengan ahli durian dari inggris,” Jelas Eko.
Selain diskusi, pada acara yang juga akan dihadiri pemerhati hortikultura setempat itu akan dilakukan tastes atau mencicipi durian merah. Kemudian, masing- masing peserta dari berbagai Lini tersebut dipersilakan menyampaikan kekurangan dan kelebihan durian yang mereka cicipi. Eko menuturkan, usai diskusi akan ada penanaman sekaligus pembagian bibit durian merah. “Target kami akhir tahun 2015 ini akan menanam 15 ribu pohon durian.
Saat ini baru terdistribusi 3 ribu pohon,” ungkapnya. Acara ini sekaligus mengukuhkan bahwa durian merah Banyuwangi berasal dari Banyuwangi. Meski belum disertifikasi, tapi setidaknya hadirnya pakar durian dari berbagai negara tersebut bisa menyebabkan durian merah terkenal lebih luas sebagai buah khas yang berasal dari Banyuwangi. ‘jadi, bisa dibilang ini antisipasi sebelum durian merah Banyuwangi diklaim orang lain, sekaligus membangun fanatisme buah durian merah di negara tetangga,” pungkas Eko.
  • Bagikan:

Baca Informasi Lainnya